Lembaga inovasi dan pengembangan mengunjungi Fakultas Teknik UGJ untuk melihat secara langsung produk inovasi dari prodi elektro yang dibuat oleh mahasiswa, acara tersebut dihadiri oleh Dekan fakultas teknik, Kepala Prodi Elektro, Jajaran LIP, Mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik. kegiatan persentasi dilaksakanan di ruang 1.11 Fakultas Teknik UGJ pada tanggal 03 Maret 2020

Ada 3 produk inovasi yang dihasilkan yaitu

1. Sensor Ketinggian Air, Dapat mengontrol dan memonitoring ketinggian air di suatu tempat dari jarak yang jauh dengan perantara system pemrograman elektronik dan pengiriman informasi/data ketinggian air berbasis “Short Message Service”, atau biasa kita kenal dengan SMS.

Pesan Informasi ini sudah memuat data ketinggian yang akurat berdasarkan pelacakan data dari system dan modul. Selanjutnya, pesan ini akan ditujukan langsung dari modul ke nomor Handphone yang sudah didaftarkan (input) pada system modul untuk memberi informasi ketinggian air di tempat tersebut (dalam hal ini nomor HP Petani). Dengan begini, kita dapat mengantisipasi bencana banjir lebih awal lagi tanpa harus cemas dan khawatir.

2. Sensor Talang Air Otomatis,

Merancang membuat sistem kerja pemisah tempat parkir kendaraan sesuai ketinggian menggunakan komponen – komponen masukan dan luaran yang dikendalikan dengan mikrokontroler agar dapat bekerja sesuai dengan harapan.

3. Sensor Absensi Otomatis, Absensi ini menggunakan kartu yang bisa mendeteksi nama, nomor alamat dan waktu sehingga dapat digunakan untuk keperluan absensi masuk karyawan, absensi kunjungan perpustakaan dan lainnya.

Dekan fakultas teknik mengatakan mahasiswa bisa mengembangkan lagi produk inovasi yang sudah dihasilkan dan fakultas teknik UGJ akan mendukung kegiatan tersebut.

Didalam kesempatan yang sama Kepala Lembaga Inovasi dan Pengembangan mengatakan, produk inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa prodi elektro ini bisa dikembangkan atau diaplikasikan langsung untuk dapat digunakan. Kami berharap akan ada lagi dari Fakultas yang menginformasikan produk inovasi, kami lembaga inovasi dan pengembangan akan memfasilitasi produk inovasi tersebut.